Sabtu, 15 Oktober 2016

Wisata Pulau Pari Kepulauan Seribu Jakarta

Wisata Pulau Pari

Wisata Pulau Pari dengan destinasi wisata bahari dengan beraktivitas snorkeling, jelajah Pantai dengan sepeda dan menikmati keindahan sunrise dan sunset di Pulau Pari. Wisata dengan sajian pulau, diantaranya dapat berkeliling pulau dengan bersepeda atau dengan berjalan kaki dan menikmati suasana Pulau Pari yang masih alami baik pantai maupun hutannya.

Pulau Pari adalah pulau yang berada di kepulauan seribu yang sekarang cukup ramai dikunjungi oleh para wisatawan, Pasir putih di pantainya dan air yang bening kehijauan, Pulau Pari menjadi salah satu obyek wisata di Kepulauan Seribu. Dan tempat lokasi yang paling menonjol adalah pantai Pasir Perawan. Untuk sunrise atau sunset, cukup kesatu tempat saja yaitu Bukit Matahari, jadi Anda tidak perlu susah-susah mengejar ke timur atau ke barat untuk hunting sunrise atau sunset.

Tentang Pulau Pari


Secara Administrasi, Pulau Pari berada di Kelurahan Pulau Pari kecamatan Kepulauan Seribu Selatan Jakarta 14520 dan secara geografis terletak pada koordinat 6°0′14″LU 106°46′44″BT. Pulau ini relatif dekat dengan Pulau Rambut, Lancang, Tidung, dan Pulau Pramuka yang menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Kepulauan Seribu.

Luas Pulau Pari sekitar 43 hektar, 40% dihuni oleh penduduk dan 60% nya terdiri dari hutan serta pantai. Penduduk di Pulau Pari sekitar 300 KK ( Kepala Keluarga) kurang lebih 1.200 orang bermukim di Pulau Pari ini.

Di Pulau Pari anda akan melihat beberapa biota laut yang sangat beragam dari mulai ikan-ikan kecil ataupun yang berukuran sedang. Diantaranya ikan badut, ikan baronang, ikan ekor kuning, Butterfly fish, angel fish dan kalau beruntung juga anda dapat ditemani penyu.

Destinasi Wisata Pulau Pari

1. Pantai Pasir Perawan
2. Pantai Kresek
3. Pantai Berbintang
4. Bukit Matahari
5. LON LIPI
6. Pulau Tikus
7. Pulau Kongsi
8. Pulau Burung
9. Pulau Tengah
10. Pulau Bintang Rama
11. APL

Menuju Wisata Pulau Pari


Akses menuju Pulau Pari yaitu melalui Laut, bila dengan kapal cepat (seepdboat), Pulau Pari bisa ditempuh 45 menit dari Dermaga 17 Marina Ancol dan dari Pelabuhan Kaliadem di Muara Angke ditempuh selama 1.5 jam.

Bila berangkat menuju ke Pulau Pari melalui Dermaga Kaliadem, harga tiket nya Rp 50.000 sekali jalan berangkat jam 07.00 WIB, bisa naik kapal KM Kerapu atau KM Lumba-Lumba.

Berangkat jam 08.00 WIB dari Marina Ancol dermaga 17, harganya mulai dari 250.000-300.000 sekali jalan.

Bila Anda tinggal di daerah Tangerang, bisa berangkat melalui Rawasaban dengan harga tiket Rp 35.000 sekali jalan pada jam 10.30 WIB.

Aktivitas Wisata Pulau Pari


Beberapa aktivitas di Pulau Pari yang Anda dapat lakukan disini mulai dari wisata bahari, wisata laut dan wisata Pulau.

Sebagai andalan wisata di Pulau Pari adalah Pantai Pasir Perawan, pantai ini tidak terlalu luas yang luasnya kira-kira 10km dibagian utara Pulau Pari dan menjadi pusat aktivitas serta kunjungan wajib bagi para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Pari. Pantai Pasir Perawan sangat terjaga kebersihannya dan karena itulah pantai ini mendapatkan predikat sebagai pantai yang bersih dibandingkan dengan pantai lainnya.

Aktivitas di Pantai Pasir Perawan ini antara lain, snorkeling, Barbeque, perahu Wisata mengelilingi Pantai dan Tanaman mangrove, kemping, voli Pantai, kano, bersepeda, bermain air dan pasir di Pantai nya, kano serta hunting sunset juga ada di Pantai Pasir Perawan Pulau Pari ini.

Wisata Pulau Pari

Ada restribusi sebesar Rp 5.000 oleh pemda setempat yang digunakan untuk perawatan fasilitas di Pantai Pasir Perawan agar wisatawan bertambah nyaman bila berkunjung ke Pantai ini.

Di sekitar Pulau Pari terdapat sejumlah café dan warung jajanan serta toko souvenir sebagai pelengkap fasilitas di Pulau Pari.

Sepeda salah satu fasilitas yang disediakan oleh penduduk lokal. Bersepeda menjelajahi Pulau Pari sebagai aktivitas yang menyenangkan bagi wisatawan yang berkunjung ke Pulau Pari. Apalagi bagi yang jarang mengendarai sepeda, akan berbeda rasanya bersepeda mengelilingi Pulau Pari.

Wisata Pulau Pari

Snorkeling juga wajib untuk beraktivitas di Pulau Pari karena keindahan terumbu karang dan ikan-ikan nya layak untuk dinikmati. Terumbu karang juga menjadi habitat spesies ikan yang berwarna-warni, antara lain merah, putih, abu-abu, biru dan masih banyak lagi yang dari segi ukurannya dari kecil sampai ikan sedang.

Snorkeling dan peralatannya meliputi alat snorkel, rompi atau pelampung, kaki katak dan kapal untuk menuju ke spot snorkeling yang sudah disediakan. Kegiatan ini akan memberikan pengalaman melihat keindahan biota bawah laut yang jarang terlihat. Keindahan dan momen ini bisa diabadikan menggunakan kamera under water yang sudah disediakan pihak agen dan bisa langsung dibawa pulang fotonya sebagai kenang kenangan.

Wisata Pulau Pari

Sewa alat snorkel Rp 35.000, 1 set/orang, sewa perahu untuk snorkeling mulai dari 500.000-700.000 tergantung banyaknya orang yang akan naik perahu tersebut dan untuk water sport yaitu banana boat atau UFO, harganya 35.000/orang selama 15 menit.

Penginapan Wisata Pulau Pari


Wisata Pulau Pari

Hanya terdapat homestay yang ada di Pulau Pari, homestay-homestay tersebut dikelola dan dimiliki oleh penduduk setempat. Ada juga beberapa penduduk membangun penginapan yang terpisah dari rumah mereka. Fasilitas di homestay adalah AC, kulkas, dispenser dan kamar mandi dengan kapasitas 10-15 orang. Harga homestay mulai dari 500.000-700.000 satu rumah permalam.

Beberapa hal-hal yang Anda perlu ketahui Wisata Pulau Pari


Banyak warung di Pulau ini, jadi Anda tinggal memilih tempat makan menurut selera Anda. Warung-warung tersebut sudah buka sejak pagi untuk melayani tamu yang akan sarapan.
Warung-warung juga banyak di Pulau Pari Besar menuju Bukit Matahari, menu andalan di Pulau ini sudah tentu ikan bakar yang harganya masih terjangkau dengan kantong Anda.

Tidak ada ATM (Anjungan Tunai Mandiri) di Pulau Pari, sebaiknya bila Anda wisata di Pulau Pari, Kami anjurkan membawa uang yang cukup untuk kembali lagi ke rumah Anda.

Sinyal handphone di Pulau Pari, tidak semua provider telekomukasi mendapatkan sinyal yang bagus, hanyaTelkomsel, XL dan Indosat yang sinyal nya bagus dibanding provider lain.

Bersepeda di Pulau Pari bisa Anda lakukan untuk berkeliling pulau, harga sewa sepeda adalah Rp 25.000. Jangan lupa untuk booking sepeda tersebut pada saat Anda datang ke pulau ini, karena di setiap weekend pasti ramai oleh pengunjung Pulau Pari.

Oleh-oleh bisa Anda dapatkan di Pulau Pari antara lain, kerupuk ikan, asinan cumi-cumi, manisan rumput laut, kerajinan tangan dari kerang, dan lain sebagainya.

Gallery Wisata Pulau Pari


Wisata Pulau Pari Wisata Pulau Pari Wisata Pulau Pari

Wisata Pulau Pari Wisata Pulau Pari Wisata Pulau Pari

Wisata Pulau Pari Wisata Pulau Pari Wisata Pulau Pari

Peta Lokasi



0 komentar:

Posting Komentar