Pantai Pasir Perawan Pulau Pari, Wisata Pantai Terbaik di Kepulauan Seribu

pantai pasir perawan pulau pari kepulauan seribu

Pantai Pasir Perawan, salah satu pantai yang cukup populer di Kepulauan Seribu Jakarta. Pantai ini berada di Pulau Pari yaitu sebuah pulau berpenduduk di Kepulauan Seribu Bagian Selatan, Jakarta. Pantai ini memiliki luas 10 km persegi dengan garis pantai sepanjang 3 kilometer dari utara sampai selatan. Dengan akses yang terdekat dari Jakarta, menuju Pulau Pari dari Dermaga Muara Angke membutuhkan waktu 90 menit dengan menggunakan kapal Ferry dan 50 menit dengan speed boat dari dermaga Marina Ancol.

Pantai Pasir Perawan, Pulau Pari selalu jadi pilihan favorit buat wisatawan yang berlibur dan menjadi primadonanya Pulau Pari. Tidak salah juga, jika pantai ini menjadi iconnya Wisata Pulau Pari.

paket open trip satu hari pulau pari kepulauan seribu

Senja di Pantai Pasir Perawan, Pantai dan Senja adalah satu tidak ada duanya, inilah yang menjadi daya tarik utama bisa bermain di pantai paling populer di area Kepulauan Seribu. Anda tidak perlu menginap untuk bisa datang kesini dari Jakarta, tapi untuk mendapatkan suasana senja, sepertinya harus menyisihkan satu malam bisa tinggal di homestay pulau Pari.

senja di pantai pasir perawan pulau pari

Sekilas Tentang Pantai Pasir Perawan Pulau Pari

Pantai ini sebenarnya adalah pantai buatan yang dibangun secara swadaya oleh penduduk dan aparat pemerintahan di Pulau Pari. Asal mulanya pantai ini memang sudah terbentuk begitu indah dan alamiah, untuk menarik minat dan kunjungan wisatawan ke Pulau Pari ditambahkan beberapa spot-spot yang tentunya jadi daya tarik seperti sekarang ini.

Pantai Pasir Perawan memiliki pemandangan yang sangat indah, pasirnya begitu putih dan lembut ketika diinjak walaupun bertelanjang kaki serta sangat terjaga kealamiannya bak gadis perawan yang masih suci.

Airnya begitu jernih dan bersih dengan warna hijau kebiru-biruan, apalagi jika air laut pasang di pagi hari hingga siang hari terlihat begitu menawan. Sepanjang pinggir pantai ini juga ditumbuhi pepohonan rindang yang bisa digunakan untuk berteduh dan bersantai saat terik matahari di siang hari.

aktivitas bermain dan wisata di pantai pasir perawan pulau pari

Legenda Cinta Tentang Pantai Pasir Perawan

Menurut cerita yang berkembang dari penduduk Pulau Pari, asal-usul sampai dinamakan Pantai Pasir Perawan adalah cerita pada jaman dahulu kala, ada seorang gadis yang menjalin cinta kasih dengan seorang pemuda berprofesi sebagai nelayan. Hubungan yang mereka jalin begitu bahagia dan sangat romantis.

Hingga suatu ketika, sang pemuda pergi melaut dan sampai beberapa hari hingga waktu yang cukup lama belum juga kembali pulang dari melaut. Karena rasa cintanya yang begitu mendalam terhadap pujaan hatinya, sang gadis dengan setianya menunggu kepulangan sang pemuda di pantai ini sampai ajal menjemputnya.

Cara Menuju ke Pantai Pasir Perawan

Untuk wisata di Pulau Pari, sepeda adalah salah satu transpotasi yang disediakan oleh operator wisata disana. Sepeda ini nantinya akan digunakan oleh wisatawan untuk menjelajah atau berkeliling pulau.

Sepeda ini juga yang bisa anda gunakan untuk menuju ke Pantai Pasir Perawan, nantinya dari homestay tempat anda menginap akan melewati jalan yang sudah di conblock dan sepanjang perjalanan terdapat rumah-rumah penduduk disisi kiri dan kanan jalan menuju ke Pantai Pasir Perawan.

Sebelum masuk ke area pantai terdapat gapura yang bertuliskan “Selamat Datang di Pantai Pasir Perawan Pulau Pari”. Setelah sampai anda bisa memarkir sepeda di area parkir yang sudah tersedia. Kemudian menuju pintu gerbang untuk masuk ke area atau kawasan pantai dengan membayar tiket masuk kepada petugas sebesar Rp5.000/orang. Dipantai ini tidak ada loket dan bukti berupa lembaran karcis seperti di tempat-tempat wisata pada umumnya.

Wisata Pantai Pasir Perawan di Pulau Pari

Aktivitas di Pantai Pasir Perawan

Bagi wisatawan yang ingin berlibur ke Pulau Seribu, Pulau Pari adalah rekomendasi yang sangat tepat untuk mengajak keluarga liburan terutama yang memiliki Balita. Bagi Anak-anak, Pantai Pasir Perawan bisa jadi arena liburan yang menyenangkan bagi mereka. Di pantai ini mereka bisa bermain pasir dan berenang karena ada bagian pantai yang bisa di gunakan oleh anak-anak untuk bermain air dan berenang tentunya juga harus dalam pengawasan orang tua.

Untuk orang dewasa, aktivitas yang bisa dilakukan adalah jalan-jalan menyusuri pantai (explore pantai), hunting foto (instagramable) karena banyak spot foto keren yang bisa jadi pilihan, berenang pastinya bagi yang hobby berenang, bermain ayunan yang tersedia di tengah pantai, Naik Kano mengelilingi pantai yang bisa disewa ke penjaga pantai, Berperahu mengelilingi pantai dan hutan mangrove yang ada di dekat Pantai Pasir Perawan, menunggu senja atau menikmati sunset di sebelah barat pantai, bermain sepakbola pantai dan bola volley dan menikmati Barbeque ikan laut bakar sambil merasakan suasana pantai di malam hari.

sewa perahu keliling mangrove di pantai pasir perawan pulau pari

Fasilitas Wisata Pantai Pasir Perawan

Sarana dan Prasarana di pantai ini sudah cukup memadai sebagai destinasi wisata yang setiap akhir pekan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan yang datang terutama oleh warga Jakarta dan sekitarnya, karena Pulau Pari adalah destinasi wisata pulau yang paling dekat dari Jakarta. Fasilitas yang tersedia seperti toilet, musholla, area parkir untuk sepeda, lapangan bola volley, warung-warung yang menjajakan aneka makanan dan minuman, penyewaan perahu dan kano serta bagi wisatawan yang ingin mengadakan camping di pantai ini telah tersedia lahan yang bisa disewa ke petugas pantai.

Tiket Masuk dan Jam Operasional

Tiket masuk wisata Pantai Pasir Perawan tergolong sangat murah hanya Rp5.000/orang. Untuk wisatawan yang berlibur menggunakan paket wisata Open Trip, Private Trip dan One Day Trip Pulau Pari, tiket masuk wisata Pantai Pasir Perawan sudah tercakup dalam fasilitas paket wisata. Bagi wisatawan yang ingin mengadakan camping cukup membayar retribusi atau sewa lahan Rp15.000/tenda kepada petugas pantai. Sedangkan untuk jam operasional, buka 24 Jam nonstop setiap harinya.

paket open trip 2 hari 1 malam pulau pari kepulauan seribu

Rute Perjalanan Menuju ke Pulau Pari

Perjalanan menuju ke Pulau Pari bisa melalui 2 dermaga yang ada di Jakarta yaitu, Dermaga Kaliadem, Muara Angke dan Dermaga Marina Ancol. Dari Dermaga Kaliadem menggunakan transportasi Kapal Ferry Kayu atau "Ojek" sebutan oleh penduduk di Pulau seribu. Waktu yang di tempuh selama perjalanan laut menuju Pulau Pari adalah lebih kurang 2 Jam.

Sedangkan untuk keberangkatan dari Dermaga Marina Ancol menggunakan transportasi kapal cepat atau Speedboat dengan waktu tempuh perjalanan laut hanya 45 menit. Untuk jadwal keberangkatan kapal dari kedua dermaga tersebut adalah Jam 08.00 WIB dan hanya 1 kali keberangkatan saja setiap harinya.

Kapal yang digunakan adalah kapal reguler, artinya Anda akan digabung dengan penumpang kapal lainnya. Tapi jika ingin menggunakan kapal sendiri, bisa charter kapal atau speedboat dan tentu biayanya lebih mahal dari pada beli tiket kapal reguler.

Dalam paket wisata Open Trip Pulau Pari, Private Trip Pulau Pari dan One Day Trip Pulau Pari, Pantai Pasir Perawan masuk kedalam Itinerary / Rencana Perjalanan yang bisa dikunjungi pada hari pertama dan hari kedua, khusus untuk One Day Trip Pulau Pari jadi Itinerary utama sebelum kembali ke Jakarta.

Bagi anda yang suka ke pantai, Pantai Pasir Perawan Wisata Pulau Pari bisa jadi destinasi liburan yang pastinya seru dan menyenangkan. Anda bisa ajak keluarga, sahabat atau pasangan dan pastinya akan menambah hubungan anda dengan pasangan menjadi lebih romantis dan harmonis. Yuk kepoin Wisata Pulau Pari dan bergabung bersama kami pariseribu.com, Jangan sungkan untuk tanya lebih detail tentang wisata di Pulau Pari kepada kami.

open trip bromo